RSS

Sahur Bukan Sekadar Urusan Kuat Menahan Lapar

10 Jul

sahurSaya yakin, banyak orang dewasa sanggup berpuasa walau tak makan sahur malam harinya. Terkadang, cukup bangun dan minum segelas air, tidur lagi. Ia sudah sanggup bertahan hingga azan maghrib berkumandang. Lalu, apa sebenarnya fungsi sahur bagi kita yang berpuasa. Utamanya di bulan penuh berkah; Ramadhan.

Ternyata, sahur bukan seremeh urusan mengisi perut dengan nasi atau vitamin. Ia jauh melebihi asumsi dasar kita. Rasulullah SAW menegaskan, “(Bangunlah) Kalian untuk sahur, karena dalam sahur ada barakah.” Esensi sahur ternyata adalah barakah—sebagaimana disabdakan Sang Nabi.

Barakah dalam arti bahasa adalah: ‘bertambahnya kebaikan dalam suatu hal’. Bila Nabi SAW menyatakan bahwa dalam sahur terdapat barakah, itu berarti ada banyak tambahan kebaikan-kebaikan lain yang akan diperoleh bagi oleh yang bangun sahur.

Doa “semoga pernikahan barakah”. Itu adalah doa yang amat besar maknanya. Ucapan doa itu berarti tak sekadar harapan kebaikan bagi pasangan pengantin, tapi juga potensi tambahan-tambahan kebaikan yang melingkupi pernikahan itu.

Doa “semoga rumah ini penuh berkah bagi penghuninya.” Adalah doa agar rumah itu memberikan kebaikan kepada penghuninya. Juga, memberikan tambahan kebaikan-kebaikan yang bisa muncul dari rumah tersebut. Tentu saja semuanya bagi keluarga penghuni rumah.

Lalu, keberkahan seperti apa—kira-kira—yang dimaksud Rasulullah dalam sahur?
Banyak sekali. Terutama, tentu saja, adalah badan kita tidak lemas saat siang, sebab makanan dan nutrisi yang kita konsumsi menjelang imsak.

Kedua, mata yang semula terpejam, akan terbuka lebar-lebar dengan makanan yang telah masuk mulut. Apa kebaikan yang bisa kita dapatkan dengan mata yang telah terbuka lebar? Lebih banyak lagi. Mata yang tak lagi mengantuk akan membuat kita mudah bangun mengambil air wudhu; melaksanakan shalat malam, membaca beberapa halaman Al-Quran, berzikir, atau sekadar menonton ceramah agama di televisi (bukan acara lawakan). Menunggu hingga azan Subuh tiba.

Bukankah semua itu adalah kebaikan-kebaikan tambahan hasil dari bangun kita bangun sahur. Itulah berkah SAHUR. Maka, bangunlah sahur….

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Juli 2013 in Ramadhan

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Fath Indah Tour - Lamongan

Ibadah Nyaman, Khusyuk, dan Hemat

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

Pendidikan Madrasah

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan

Berbagi Ide sebagai Penonton

Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Kata Bang DW

melawan sebuah dogma tentang ada rahasia dibalik rahasia

Indonesia Bangkit

Melek Politik karena Politik itu Asyik :)

ayo mendidik

Mengajar Sehari, Menginspirasi Seumur Hidup

RONIta Digital Printing

Creative Printing Specialist

%d blogger menyukai ini: