RSS

Kamar Mandi Seakan Rumah Tanpa Penghuni

03 Mei

Salah satu cara untuk menilai tingkat kebersihan seseorang adalah dari kamar mandinya. Hari ini saya tiba di salah satu mess—sebut saja tempat persinggahan bagi karyawan perusahaan di Kalimantan Timur. Berangkat pagi-pagi dari Berau, saya tidak sempat mandi pagi. Hanya cuci muka, wudhu dan shalat Subuh. Lalu berangkat bareng karyawan menuju dermaga untuk selanjutnya ke lokasi tambang.

Tiba di mess persinggahan ini, badan sudah keringatan. Terasa lengket semua. Saya minta ditunjukkan kamar untuk saya istirahat. Ada sebuah kamar yang cukup besar. Dengan dua kasur berukuran besar. Cukup untuk berlima. Sayangnya, kamar tersebut baunya amat tidak sedap. Tak ada sprei yang menutupi kasur dan sarung untuk bantal-gulingnya.

Dalam kamar, terdapat kamar mandi. Saya langsung berganti sarung dan masuk untuk membersihkan diri. Wooow… kamar ini mengingatkan saya waktu di pondok. Lha, ini bukan di pondok yang penghuninya overload. Tapi, ini perusahaan yang cukup besar. Masak kamar mandinya seperti ini, pikir saya.

Ada bathup yang sudah rusak dan tidak terawat. Wastafel yang kotor dan seakan jarang dipakai. Tampak bungkus plastik dan bungkus sikat gigi teronggok di dalamnya. Lalu, kursi toilet yang sudah rusak saluran airnya yang kekuning-kuningan. Belum lagi lantainya yang disana-sini akan ditemukan warna kuning tanda tidak pernah dipel. Untuk mandi, kita terpaksa menggunakan bak mandi yang juga terlihat tidak terawat.
Ampun deh…

Bagi orang yang tidak terbiasa dengan kondisi seperti ini, saya tidak yakin ia sanggup mandi atau sekadar buang air di dalamnya. Saya yang dari tadi menahan pup, terpaksa tidak tuntas pup-nya. Walau masih ada yang mengganjal hendak keluar, yang penting lega dulu. Gak kuat lama-lama di dalam kamar mandi ini.

Rumah ini sebenarnya bagus. Fasilitasnya lumayan lengkap. Ex rumah proyek bandara Sepinggan. Ada AC, bath up, shower, toilet duduk, wastafel, lemari besar, dan sebagainya. Sayang sekali tidak terawat dengan baik. Termasuk kasur dan bantal gulingnya.

*Catatan perjalanan di Bumi Borneo.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Mei 2013 in Catatan Harian

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Fath Indah Tour - Lamongan

Ibadah Nyaman, Khusyuk, dan Hemat

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

Pendidikan Madrasah

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan

Berbagi Ide sebagai Penonton

Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Kata Bang DW

melawan sebuah dogma tentang ada rahasia dibalik rahasia

Indonesia Bangkit

Melek Politik karena Politik itu Asyik :)

ayo mendidik

Mengajar Sehari, Menginspirasi Seumur Hidup

RONIta Digital Printing

Creative Printing Specialist

%d blogger menyukai ini: