RSS

Mencetak Petani Jamur [1]

18 Apr

Ini cerita dari Pak Widya. Salah seorang peserta diklat community development asal PT United Tractors Semen Gresik, Tuban. Sebagai seorang yang senior di antara kami, Pak Widya mempunyai banyak cerita menarik terkait pekerjaannya di bidang community development.

Di awal-awal pembukaan pabrik semen, banyak masyarakat sekitar—mayoritas sebelumnya petani—yang meminta diangkat sebagai karyawan. Tentu saja, tidak semua permintaan itu dapat diterima karena tidak selalu ada lowongan untuk mereka. Kalaupun ada, kerapkali tidak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Pak Widya lalu menawarkan kepada mereka; kalian mau usaha apa, barangkali perusahaan bisa memfasilitasi. Akhirnya, disepakati untuk mengembangkan peternakan kambing. Pak Widya membentuk beberapa kelompok peternak. Tiap kelompok terdiri dari 3 orang. Masing-masing kelompok mendapat amanah merawat 5 ekor kambing. Rupanya, kambing-kambing tersebut tidak dirawat bersama dalam satu kandang. Akan tetapi, dibawa pulang ke rumah/ladang mereka masing-masing. Jadi, tiap orang membawa 2 ekor kambing.

Pada permulaannya, keadaan berjalan lancar. Kambing-kambing tersebut beranak pinak hingga belasan. Ada pula warga yang berinisiatif menjual kambingnya dan menggantinya dengan sapi. Katanya, sapi lebih mudah dirawat dan lebih menguntungkan. Pak Widya mengiyakan.

Seiring berjalannya waktu, mulai timbul masalah. Satu persatu warga laporan ke Pak Widya. Ada yang laporan ternaknya mati, ada yang bilang dijual karena untuk berobat orangtuanya, atau ada pula yang dipakai untuk hajatan. Disinyalir, trennya memang disengaja agar tidak ada kewajiban mengembalikan ke perusahaan.
“Lha, mau gimana lagi. Wong laporannya mati, katanya dibuat berobat orangtuanya. Mosok kita mau nuntut?” ujar Pak Widya dengan logat Jawa yang kental.

Pak Widya lalu berpikir keras. Apa lagi ya kira-kira formulasi yang bisa saya gunakan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat sekitar…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 April 2013 in Diklat Comdev Minerba

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Fath Indah Tour - Lamongan

Ibadah Nyaman, Khusyuk, dan Hemat

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

Pendidikan Madrasah

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan

Berbagi Ide sebagai Penonton

Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Kata Bang DW

melawan sebuah dogma tentang ada rahasia dibalik rahasia

Indonesia Bangkit

Melek Politik karena Politik itu Asyik :)

ayo mendidik

Mengajar Sehari, Menginspirasi Seumur Hidup

RONIta Digital Printing

Creative Printing Specialist

%d blogger menyukai ini: