RSS

Memilih Transportasi yang Tepat

15 Apr

Senin besok saya harus mengikuti training Community Development untuk Perusahaan tambang batubara. Lokasinya di Pusdiklat Mineral dan Batubara, Bandung. Waktunya benar-benar mepet. Sementara saya belum pernah sekalipun ke Bandung. Hanya mendengar dari cerita dan tulisan yang saya baca di berbagai blog dan website. Karena acara dimulai hari Senin pagi, berarti saya harus sudah ada di lokasi hari Minggu sore.

Langkah pertama adalah browsing di mana si lokasi pusdiklat minerba, bandung. Dari websitenya, saya menemukan detail alamatnya. Letaknya di Jalan Jendral Sudirman. Lagi-lagi saya belum terbayang, di mana lokasi jalan Jendral Sudirman itu. Dari website pusdiklat minerba pula saya mendapat informasi tentang jadwal training yang diselenggarakan di bulan April ini. Saya juga menemukan foto gedung Pusdiklat, Penginapan, dan ruang training-nya.

Langkah kedua adalah mencari peta letak jalan sudirman. Searching di mbah gogel dengan kata kunci “peta bandung”, muncullah banyak referensi peta. Saya amati satu persatu, maka terbayanglah dimana posisi jalan jendral sudirman.

Langkah ketiga adalah memilih transportasi yang tepat ke lokasi. Kemarin lusa, HRD perusahaan menyarankan menggunakan mobil travel Cipaganti–nanti diantar ke lokasi. Kebetulan, ada pool Cipaganti terdekat dari kontrakan saya; Cyber Park Bekasi. Setelah mencoba telepon beberapa kali, alhamdulillah Minggu menjelang Zuhur ada yang angkat. Saya tanya ke CS soal jalan Sudirman; apakah Cipaganti melintasinya. Dia jawab, tak ada satu pun travel Cipaganti yang melintasi jalan Jenderal Sudirman. Dia menyarankan untuk turun di Pasteour. Nanti lanjut lagi perjalanan dengan naik taksi. Oke terima kasih, saya bilang.

Saya melihat peta dimana letak Pasteur. Lumayan jauh juga dari jendral sudirman. Lumayan pula ongkos taksinya. Hehehe….

Berpikir…
“Daripada bayar travel yang ongkosnya sekitar 60ribu ke atas, dan masih harus bayar taksi yang mahal. Mending saya cari alternatif lain.”

Maka, browsing dilanjutkan dengan mencari kata kunci Day Trans, Baraya, dan angkutan yang sekiranya bisa mengantarkan saya ke Bandung dengan aman, nyaman dan murah. Semua angkutan travel itu, rupanya pool-nya agak jauh dari tempat tinggal saya. Pilihan terakhir adalah menggunakan bis Primajasa. Pool-nya tidak terlalu jauh dan murah. Hanya 37.000 sudah tiba di Bandung.

Sekitar jam 13.00 saya sudah di pinggir jalan di kawasan Harapan Indah. Menunggu bis Primajasa yang akan mengantarkan saya ke Bandung. Bismillah…. Sekitar jam 13.30 bisa tiba. Saya naik dan bertanya ke sopir tentang jalan Jendral Sudirman. Dia rupanya kurang mengerti juga harus turun di mana. “Nanti akan saya kasih tahu,” jawabnya singkat.

Saya memilih duduk di kursi nomor dua. Kursi nomor satu sudah terisi penumpang. Niat saya, biar bisa lihat jalan menuju Bandung dan biar gak kebablas perjalanan. Bis melaju dengan lancar dan tiba di pintu keluar tol Pasir Koja sekitar jam 16.00. Di lampu merah pasir Koja, banyak penumpang turun. Saya pun inisiatif bertanya ke sopir. Dia langsung menyarankan turun di tempat tersebut dan menumpang angkot orange.

Saya turun, menyeberang jalan (lampu merah) dan menunggu angkot orange. Saya naik angkot orange nomor 17 tujuan Dago, setelah sebelumnya bertanya ke sopir apakah melewati jenderal sudirman. Dia bilang iya, tapi harus naik angkot lagi. Gak apa-apa deh, daripada naik taksi nanti malah dimuter2in, karena saya tidak mengenal medan.

Naik angkot, gak sampai 20 menit sopir memberitahu saatnya turun. Saya bayar 2000 perak saja. Di sepanjang jalan Sudirman saya berjalan sedikit dan bertanya orang. Disuruh naik lagi angkot kuning. “Dekat kok, Pak. Bayar seribu aja.” katanya.

Saya naik angkot kuning dan ternyata dekat (tapi kira2 capek juga kalau jalan kaki). Saya bayar sopirnya dua ribu. Bonus lah… Saya turun tepat di depan pusdiklat. Oleh satpam, saya ditunjukkan ke penginapan Minerba yang terletak tepat di seberangnya. Inilah cerita pertama kalinya saya menjejakkan kaki di Bandung. Besok saya sambung lagi dengan tulisan yang lain soal penginapan dan training hari pertama. Moga saya sehat terus.

Rehat dan tidur dulu…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 April 2013 in Diklat Comdev Minerba

 

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Fath Indah Tour - Lamongan

Ibadah Nyaman, Khusyuk, dan Hemat

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

Pendidikan Madrasah

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan

Berbagi Ide sebagai Penonton

Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Kata Bang DW

melawan sebuah dogma tentang ada rahasia dibalik rahasia

Indonesia Bangkit

Melek Politik karena Politik itu Asyik :)

ayo mendidik

Mengajar Sehari, Menginspirasi Seumur Hidup

RONIta Digital Printing

Creative Printing Specialist

%d blogger menyukai ini: