RSS

Pak Musthofa, Sang Jago Cerita

10 Jan

Cerita sangat disuka. Tak hanya oleh anak-anak, orang-orang dewasa pun gemar mendengarkan cerita. Banyak pakar menyarankan orangtua untuk mbercerita bagi anak-anaknya menjelang tidur. Bentuknya bermacam-macam; bisa lewat mendongeng, membacakan kisah-kisah nabi, kisah hikmah, ataupun cerita tentang leluhur mereka. Selain mendekatkan hubungan emosional antara si anak dengan orangtua, cerita yang bernilai bisa membentuk karakter anak saat dewasa.

Cerita juga kerap dijadikan bahan ice breaker oleh guru saat mengajar. Salah satu guru yang paling gemar bercerita adalah KH Musthofa Abdurrahman. Guru saya asal Paloh ini terbilang jagonya bercerita. Temanya, apa saja; cerita hikmah sehari-hari beliau maupun kisah para nabi, sahabat, ulama, maupun cerita yang lain yang bermanfaat. Maka, jam pelajaran Pak Musthofa selalu membuat kami sekelas terpesona.

Pak Musthofa mengajar Nahwu. Buku yang digunakan adalah Alfiyah Ibnu Malik. Isinya ilmu nahwu yang–oleh penulisnya; Ibnu Malik–disusun berbentuk bait-bait Arab. Karena kegemarannya bercerita itu, Pak Musthofa sangat disuka anak-anak sekolah. Namun, itu kerap berdampak pada laju pelajaran kami. Kerapkali, “maknani” baru setengah bait Pak Musthofa lalu seperti tergerak menceritakan sesuatu yang menarik. Hingga tanpa terasa jam pelajaran hari itu pun usailah sudah.

Saat bulan puasa, sekolah kami “libur” dari pelajaran formal. Kegiatan diganti dengan mengaji kitab-kitab kuning (gundul). Bermacam-macam kitab yang dibaca para kiai dan ustadz Pondok Kranji. Ada kitab hadis, tafsir, fikih, tajwid, akidah, maupun kitab-kitab hikmah lainnya. Semuanya seakan “berlomba” menarik peminat untuk ngaji.

Tak ketinggalan, Pak Musthofa selalu ambil bagian. Buku yang menjadi bahan ngajinya pun selalu khas. Ya, kitab “Ushfuriyah”. Kitab yang berisi cerita-cerita sarat pelajaran hidup dan hikmah. Maka, peminat mengaji pada beliau bisa dipastikan selalu membludak. Saya ingat, walaupun ngajinya seringkali ditempatkan di siang hari (pans terik dan jam enak-enaknya tidur) peserta ngaji pada beliau selalu ramai.

Hal yang istimewa dari kemampuan Pak Musthofa bercerita adalah pembawaannya yang penuh wibawa. Suaranya yang dalam dan memikat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengarnya. Tak heran, beliau pun menjadi salah satu guru favorit di Tarbiyatut Tholabah, Kranji.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Januari 2013 in Guru TABAH

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Fath Indah Tour - Lamongan

Ibadah Nyaman, Khusyuk, dan Hemat

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

Pendidikan Madrasah

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan

Berbagi Ide sebagai Penonton

Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Kata Bang DW

melawan sebuah dogma tentang ada rahasia dibalik rahasia

Indonesia Bangkit

Melek Politik karena Politik itu Asyik :)

ayo mendidik

Mengajar Sehari, Menginspirasi Seumur Hidup

RONIta Digital Printing

Creative Printing Specialist

%d blogger menyukai ini: