RSS

Tentang Ustad di Sebuah Radio

15 Apr

Sabtu kemarin, dalam perjalanan pulang dari Cikarang, tak sengaja saya mendengarkan dari radio mobil. Siaran dari sebuah radio Cikarang. Saat itu, sang ustadz mengkaji tentang zakat.
Banyak hal yang sangat menggangu telingaku. Banyak hal yang membuat saya marah2 sendiri dan terpaksa “berbusa” sendiri mengomentari pendapat sang ustadz dalam radio. Sementara sopirku hanya tercenung mendengarnya. Entah karena gak paham atau sebab lainnya.

Salah satu pendapatnya ialah:
Bahwa sejak keruntuhan Khilafah Islamiyah, tak ada lagi lembaga yang berhak menyalurkan zakat. Lembaga2 dan badan2 amil zakat yang sekarang ini ada sama sekali tak berhak menyalurkan zakat.

Kalau masyarakat menyalurkan zakatnya lewat mereka, (menurut si ustad radio) hukumnya haram. Menurutnya, masyarakat harus menyalurkan zakatnya kepada orang2 yg dipandangnya mutahiq zakat secara langsung. Tak boleh lewat badan2 yang “mengaku amil zakat itu.

Pendapat lainnya yang mengusikku adalah terkait zakat penghasilan yang menurutnya tidak dikenal sejak zaman Nabi saw.

Memang bener sih, ada perbedaan pendapat terkait zakat penghasilan. Tapi, parahnya si ustadz radio, (lagi-lagi) ia berkata HARAM mengeluarkan zakat penghasilan. Saya benar2 tak bisa menahan emosi siang itu.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 April 2012 in Catatan Harian

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Fath Indah Tour - Lamongan

Ibadah Nyaman, Khusyuk, dan Hemat

O. Solihin

katakan kebenaran itu meskipun terasa pahit

Pendidikan Madrasah

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan

Berbagi Ide sebagai Penonton

Cara Berpikir Menentukan Suksesnya Perusahaan

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Kata Bang DW

melawan sebuah dogma tentang ada rahasia dibalik rahasia

Indonesia Bangkit

Melek Politik karena Politik itu Asyik :)

ayo mendidik

Mengajar Sehari, Menginspirasi Seumur Hidup

RONIta Digital Printing

Creative Printing Specialist

%d blogger menyukai ini: